PKB Menang di Tiga Pemilukada

pilkadaMajalengka – Tepat dipengunjung tahun 2012 tepatnya bulan Desember ini, Partai Kebangkitan Bangsa mendapatkan kado istimewa berupa kemenangang calon-calon yang diusung PKB dibeberapa daerah yang serempak melaksanakan Pemilukada di Indonesia.

Seperti diketahui Pemilukada di Kabupaten Bangkalan dan Nganjuk serempak dilaksanakan pada tanggal 12-12-2012. Dalam perhelatan Pemilukada di Bangkalan yang sempat diwarnai dengan konflik unjuk rasa dari salah satu pasangan calon yang tidak lolos verifikasi KPU, PKB mengusung pasangan MAKMUR (Muhammad Makmun Ibnu Fuad – H. Mondir A Rofi’i) berhasil mengalahkan pesaingnya NIKMAT (Moh. Nizar Zahro-RH. Zulkifli).

Perolehan sementara hitungan cepat Pasangan MAKMUR ini dikabarkan akan menang telak dan memecahkan rekor Pemilu di Indonesia dengan mengantongi 93 persen suara jauh mengalahkan pesaingnya yang hanya mendapatkan 6,3 persen. berdasarkan analisis politik pasangan MAKMUR memang dipredikasi akan menang telak karena melihat dukungan politik dari partai pengusung maupun sosiologis masyarakat. Makmun yang nota bene nya merupakan putra bupati Bangkalan Fuad Amin Imron secara real mempunyai basis masa yang fanatik dan hampir menguasai seluruh wilayah Bangkalan. Pria berkharisma warisan dari trah Syaikhuna Kholil ini merupakan politisi muda yang saat ini menduduki posisi anggota DPRD Bangkalan dari PKB.

Sementara itu, Pemilukada di Kabupaten Nganjuk yang diikuti oleh 6 pasang kandidat yaitu H Njono Djojo Astro – KH A Syaiful Anam SPdI MPdI (Independen dengan 76.129 dukungan), Drs H Taufiqurrahman – KH Abdul Wahid Badrus MPdI (diusung PDIP dan PKB), H Yusmanto SH – Gatot Nursalim SE (Independen dengan 37.616 dukungan), Ir Suci Purnomo – KH Djaelani Ishaq (Patriot dan PKNU), Ir Siti Nurhayati Berdasarkan penghitungan desk pilkada Nganjuk, Taqwa mendapatkan suara 161.710 suara atau sekitar 31,93%.

Di bawahnya menyusul pasangan Siti Nurhayati – Sumardi dengan perolehan suara 117.445 suara atau 23,19%, pasangan ketiga Njono Djojo Astro – Syaiful Anam dengan perolehan suara 115.481 suara atau sekitar 22,80% dari suara yang masuk. Sementara itu, untuk tiga calon lainnya perolehan suara cukup sedikit.Pasangan Pied – Basuki mendapatkan suara 75.920 pemilih atau 14,99%, pasangan Yusmanto – Gatot Nursalim mendapatkan 23.859 suara atau 4,71%, dan terakhir adalah pasangan Suci Purnomo – KH Djaelani Ishaq dengan perolehan suara 12.665 suara atau 2,50%.MM – Sumardi SH (Golkar, PKPB, Kedaulatan, PKS), KPH Pied Yudhianto – Basuki SH MH (Demokrat, PAN, Hanura, Gerindra) berlangsung pada tanggal yang sama 12-12-2012.

Pasangan Taqwa (Drs H Taufiqurrahman – KH Abdul Wahid Badrus MPdI) merupakan incumbent yang berhasil memenangkan pemilukada nganjuk. PKB sebagai partai pengusung merasa bangga apabila incumbent memenangkan Pemilukada itu artinya kinerjanya sangat disukai oleh masyarakat.

Diwaktu yang lain, Pemilukada Kota Bekasi yang berlangsung tanggal 16-12-2012 diikuti oleh 5 pasang kandidat yakni Shalih Mangara Sitompul-Anwar Anshori Mahdum (Salam). Pasangan lainnya yaitu Dadang Mulyadi-Lucky Hakim (DALU) diusung oleh PAN, PPP, Gerindra. Golkar, PKS, PKB, dan Hanura mengusung pasangan Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu (PAS). Sementara Awing Asmawi-Andi Zabidi (AZIB) diusung oleh Partai Demokrat, dan Sumiati Muchtar Muhammad-Anim Imamuddin (SM2-ANIM) diusung partai PDI-P, PDS, dan PBB, telah berlangsung yang menghasilkan keunggulan sementara pasangan PAS (Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu).

Hasil penghitungan cepat dari dua lembaga survei yakni LSI dan Indo Barometer and Strategic menempatkan pasangan Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu (Pas), mengungguli keempat pasangan lain yang bertarung dalam Pilkada Kota Bekasi 2013-2018, pada Minggu (16/12).

Berdasarkan hasil penghitungan cepat LSI, pasangan Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu memperoleh 43,87 persen, disusul pasangan Dadang Mulyadi-Lucky Hakim (Dalu) 25,56 persen, pasangan Sumiyati Mochtar Muhammad-Anim Imamuddin (SM2-Anim) mendapat 19,81 persen.  Posisi ke empat pasangan Shalih Manggara Sitompul-Anwar Anshori Mahdum (Salam) 5,49 persen, dan posisi terakhir pasangan Awing Asmawi-Andi Zabidi (Azib) 5,27 persen.

Berdasarkan hasil penghitungan cepat dari Indo Barometer and Strategic, pasangan Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu memperoleh 42,13 persen, disusul pasangan Dadang Mulyadi-Lucky Hakim (Dalu) 26,26 persen, pasangan Sumiyati Mochtar Muhammad-Anim Imamuddin (SM2-Anim) mendapat 17,85 persen. Posisi ke empat pasangan Shalih Manggara Sitompul-Anwar Anshori Mahdum (Salam) 6,43 persen, dan posisi terakhir pasangan Awing Asmawi-Andi Zabidi (Azib) 7,32 persen.

Sementara itu melihat perolehan PKB di Pemilukada berbagai daerah yang cukup memuaskan hasilnya, membuat optimis PKB Majalengka untuk ikut memberikan kado istimewa kepada PKB. Perhelatan Pemilukada Majalengka yang akan berlangsung 2013, PKB sudah menyiapkan kandidat yakni Nasir, S.Ag (Ketua DPC) sebagai calon bupati/wakil bupati Majalengka 2013. “Secara umum kalau melihat perolehan PKB di Pemilukada saat ini, rasanya PKB Majalengka juga mampu memberikan kado istimewa untuk PKB di Pemilukada Majalengka 2013. Terlebih lagi saat ini, PKB Majalengka sudah menyiapkan Pak Nasir sebagai calonnya. Kami kira figur dan ketokohan beliau sudah tidak diragukan lagi dan kami yakin Pak Nasir, akan memenangkannya,” ungkap Ahmad Cece Ashfiyadi, Sekretaris LPP DPC PKB Majalengka saat ditemui PKB Majalengka online di Kantor DPC PKB, Senin (17/12). (AS)

Leave a Reply

Copyright © 2012 DPC PKB Majalengka · All rights reserved ·
Sekretariat : Jalan Suha Nomor 204 Majalengka Telp (0233) 283326 email : pkb_majalengka@yahoo.com